JAKARTA


INDEX
SALEMBA
PASAR GAMBIR





SALEMBA

Salemba Tempo Dulu

Salemba adalah nama sebuah kawasan di Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Salemba merujuk pada nama lain dari Jeremias Latuihamalo, Raja Ullath, yang akan memainkan peranan penting dan mendampingi Thomas Matulessy alias Kapitan Pattimura sebagai penasehat dalam perang melawan Belanda.

Nama Salemba bisa pula merujuk kepada Rutan Lembaga Pemasyarakatan yang berada di sini. Nama ini juga terkenal karena adanya Universitas Indonesia yang terletak di daerah tersebut.

Gedung-gedung lain yang terkenal dan terletak di sini adalah:
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM)
Rumah Sakit Sint Carolus
Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia
Lembaga Alkitab Indonesia
Universitas Kristen Indonesia


PASAR GAMBIR

Pasar Gambir, tahun 1922

Pasar Gambir adalah pasar malam yang diadakan setahun sekali di Koningsplein (Lapangan Gambir, sekarang Taman Monumen Nasional), Jakarta. Pasar malam ini pertama kali diselenggarakan pada 1898 untuk memperingati penobatan Ratu Wilhelmina pada 31 Agustus 1898. Setelah itu, Pasar Gambir diadakan setahun sekali, selama satu pekan antara Agustus dan September[1] sebagai perayaan menyambut hari ulang tahun Ratu Wilhelmina pada 31 Agustus. Pasar malam ini berhenti diadakan sejak masa pendudukan Jepang tahun 1942.[2]

Pasar Gambir waktu itu diramaikan berbagai tontonan, anjungan pameran, rumah makan, dan pedagang kaki lima. Makanan khas Pasar Gambir adalah kerak telor.[2]

Pada tahun 1968, Pasar Gambir dihidupkan kembali di tempat yang sama sebagai Djakarta Fair (DF) untuk memperingati hari ulang tahun Jakarta.

Referensi
^ "Pasar Gambir: Topi Tangerang dan Mobil Amrik". Kompas. 29 Juni 2011. Diakses pada 1 Desember 2009.
^ a b Shihab, Alwi (2004). Betawi Queen of the East. Penerbit Republika. ISBN 9-7932-1005-2.

Pranala luar
Pasar Gambir Tempo Doeloe